Tips Mengamankan Komputer Kamu dari Serangan Hacker

Mengatasi akun email dari hacker



Apa itu Ransomware? Ransomware merupakan salah satu serangan Cyber yang banyak menjangkit atau menginfeksi perangkat komputer, baik itu melalui software atau jaringan dengan tujuan tertentu.

Bacber.net - Baru baru ini kita dikejutkan oleh serangan Ransomware yang menyerang beberapa data dari negara yang telah terjangkit Ransomware ini. Para hacker membuat Ransomware ini untuk mengambil data-data dari komputer di seluruh dunia, untuk kemudian mereka ambil dan meminta si empunya data tersebut untuk menebusnya dengan uang.

Baru-baru ini virus Ransomware yang paling terkenal adalah Ransomware Wanacry, yang membuat negara Inggris kewalahan mengahadapi virus wanacry ini. Namun, setelah lama tidak terdengar soal virus ransomware Wanacry, ternyata baru-baru ada virus baru yang cara kerjanya mirip Wanacry namun dalam penyajiannya terlihat berbeda, yaitu virus Ransomware Petya.

Virus ini menginfeksi beberapa komputer di negara-negara maju, seperti Jerman, Inggris, Amerika dan Lainnya. Virus ini bekerja cukup kompleks, karena cara kerja virus ini menginfeksi komputer dengan cara mengendap selama beberapa jam, sebelum akhirnya melakukan Reboot ulang.

Pada kesempatan ini juga, Kementrian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo), menghimbau untuk seluruh masyaratkat indonesia agar mengcegah atau menghindar dari serangan virus Ransomware Petya yang sedang melanda di beberapa negara.


Seperti yang di ucapkan oleh juru bicara Kemkominfo, Rudiantara, dalam siaran pers, yang menghimbau untuk seluruh masyarakat di indonesia agar segera membackup data komputer, untuk mengatisipasi serang Ransomware yang menginfeksi komputer mereka.

Seperti yang di kutip dari laman The Guardian, "Pada saat mesin komputer sudah di reboot, segeralah untuk mematikan komputer kamu untuk mengcegah data terenkripsi yang sekaligus untuk menyelamatkan data dari mesin komputer kamu".

Saat kamu melakukan reboot pada komputer, kamu akan melihat beberapa windows atau jendela yang berisis sebuah notifikasi yang menyatakan bahwa salah satu berkas atau data tersebut perlu di perbaiki, tanda proses enkripsi.

Dari akun tersebut akan menyarankan kamu untuk segera mematikan perangkat komputer.

Jika kamu sudah melakukan reboot dan di sertai surat tebusan, dengan alasan email layanan pelanggan sudah dimatikan sehingga  tidak ada cara lain untuk menenkripsikan data Anda, kamu jangan membayarnya.

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah dengan sesegera mungkin memutuskan koneksi internet kamu, format ulang kembali hard drive kamu dan pasang kembali berkas yang sudah di backup tadi. 

Jika kamu tidak ingin terkena ransomware, mungkin kamu bisa memasang software antivirus model terbaru dan terkini. 

0 Response to "Tips Mengamankan Komputer Kamu dari Serangan Hacker"

Post a Comment

Berkata dan berkomentar lah dengan baik, karena setiap omongan dan perkataan bisa meracuni diri mu sendiri

Iklan Atas Artikel

Ads by Google

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel